by

Asus TUF FX505 Laptop Gaming Tahan Banting Telah Di Uji Secara Militer.. Wow..!

Awalnya Brand The Ultimate Force (TUF) hanya digunakan dalam varian produksi motherboard ASUS, di mana motherboard memiliki daya tahan yang sangat baik yang dapat digunakan dalam jangka panjang. Meskipun mengusung brand yang sama, tetapi keunggulan dari laptop ini bukan dari motherboard-nya, melainkan pada daya tahan pemakaian dan diklaim memiliki umur yang lebih panjang dan lebih kuat dari laptop gamingbiasanya.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa ASUS menciptakan laptop gaming dengan merek TUF dan tidak dengan Republic of Gaming atau ROG seperti dulu.?

ASUS menjawab alasannya adalah karena merek produk ROG kini telah naik kelas dan rata-rata produk yang diciptakannya memiliki harga yang lebih mahal. Karena itu, ASUS menciptakan produk baru yang disebut TUF untuk menawarkan laptop untuk game dengan kualitas yang sama dengan ROG tetapi dengan harga yang lebih terjangkau di kantong Anda.


asus tuf fx505

TUF Gaming line sendiri akan menawarkan produk dengan harga lebih terjangkau, tetapi masih memiliki daya tahan dan kinerja tinggi, serta beberapa fitur game dari seri ROG yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pemain saat ini.

Kebetulan penulis diberi kehormatan oleh ASUS Indonesia untuk menjajal langsung laptop gaming ASUS TUF FX505. Sebenarnya, FX505 telah diumumkan sejak Agustus lalu bersama dengan seri TUF Gaming FX705 di IFA 2018, Berlin, Jerman, tetapi ASUS Indonesia akan membawa seri TUF Gaming FX505 dengan ROG Zephyrus S GX531 ke Tanah Air.

Varian ASUS TUF Gaming FX505 yang penulis pegang ini ditenagai dengan prosesor Core i7-8750H 8th Gen ‘Coffee Lake’ 2.2Ghz yang bisa di-up hingga 4.0GHz, serta memiliki konfigurasi 6 core 12 thread dan graphics card GeForce GTX 1050 Ti 4GB GDDR5. Sedangkan memori atau RAM yang disematkan adalah 8 GB yang bisa di-upgrage lagi serta bagian storage menggunakan SSD M.2 128 GB ditambah 1 TB HDD SATA 2.5 inci. Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari laptop gaming tersebut.

Karena ASUS TUF Gaming FX505 adalah versi standar dari laptop gaming, harganya dapat bersaing dengan merek lain. Layar Full HD menggunakan panel IPS 15,6 inci, yang membuat laptop ini beratnya hanya sekitar 2,2 kg.

Ditambah dengan adapter yang tidak terlalu besar, membuat laptop ini tidak terlalu berat ketika dibawa kemana-mana.

Perbedaan paling mencolok dari versi sebelumnya, yaitu ASUS TUF Gaming FX505, adalah bezel yang tipis.

Tak hanya layar, ukuran bodi kedua laptop tersebut juga mengalami perubahan yang signifikan dengan tampilan yang lebih tipis dan sedikit lebih ringan.


asus tuf fx505

Tak hanya memiliki jeroan yang garang, laptop ini juga dibalut dengan desain yang memancing perhatian. ASUS TUF Gaming FX505 yang penulis coba merupakan varian tema Gold Steel yang memiliki desain metal berpadu dengan logo ASUS yang berwarna emas menyala.

Sisi desain berbeda dengan generasi sebelumnya; ASUS TUF Gaming FX505 justru mengadopsi desain saudaranya, ASUS ROG Strix Hero II yang juga memiliki bentuk layar hingga layoutkeyboard. Tentu hal ini untuk menghadirkan inovasi baru yang memberi pengalaman bermain game lebih baik untuk penggunanya.

Untuk keyboard-nya sendiri, ASUS telah menerapkan konsep desain juga mirip dengan ASUS ROG Strix Hero II yang nyaman saat digunakan. Desain setiap tombol mempunyai sudut melengkung (tidak kotak) dan antara tombol satu dengan tombol lainnya mempunyai ruang cukup lega sehingga membuat keyboard-nya lebih nyaman dan meminimalisir typo ketika dipakai mengetik.

Bentang layar 15.6 inci membuatnya lebih mirip dengan saudaranya; ASUS ROG Strix Hero II, namun lebih kecil dari ROG GL703. Lekukan bodinya dilapisi dengan alumunium alloy yang sangat istimewa, menjadikan laptop gaming ini terkesan elegan dan cantik.

Asyiknya, laptop ASUS ROG Strix Hero II juga memiliki fitur refresh rate 144 Hz dengan response time 3ms, di mana kehebatan tersebut berada di frame yang sangat tipis. Tak hanya itu, layar yang sudah dilengkapi fasilitas anti-glare dan mampu memancarkan spektrum warna hingga 100% sRGB ini membuat pengalaman bermain game terasa lebih nyaman dan sangat penuh warna layaknya ASUS ROG Strix Hero II.

Lagi-lagi laptop ini juga mengadopsi teknologi yang telah diterapkan pada ROG Strix Hero II, di mana laptop ini juga menggunakan sistem pendingin yang diberi julukan HyperCool Pro dengan dua area pelepasan panas di jarak yang berjauhan. Fitur ini juga berfungsi untuk membuang semua debu yang masuk secara simultan, sehingga kemungkinan kotoran yang menumpuk di kipas sangat sedikit walaupun sudah digunakan selama bertahun-tahun.

Laptop gaming ini juga memiliki konfigurasi konektivitas yang sangat lengkap; mulai dari HDMI 2.0, USB, headphone jack, dan port RJ-45. Tak hanya sektor performa, audio juga turut diperhatikan dengan membawa fitur DTSX Headphone  mampu menyimulasikan sinyal surround sound 7.1 dengan apik, sehingga pengguna akan mendapatkan pengalaman 3D gaming audio yang mendalam dan akurat melalui headphone stereo standar sekalipun.

Di bagian keyboard, ASUS TUF Gaming FX505 memiliki fitur canggih yang bernama Aura Sync. Tak hanya memberikan cahaya RGB yang gonjreng, namun sayangnya fitur tidak dapat disinkronkan dengan beberapa aksesoris lainnya yang mendukung Aura Sync.

Jangan khawatir, laptop TUF Gaming FX505 ini rusak saat jatuh. Alasannya. laptop gamingsatu ini telah diuji secara militer dan mendapatkan sertifikasi MIL-STD-810G. Alhasil, TUF Gaming FX505 dapat bertahan dari berbagai macam benturan, mulai dari terjatuh, tetindih beban berat, bahkan digunakan pada suhu ekstrim.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed