by

Macam-Macam Reaksi Alergi dan Beberapa Tingkatannya

Reaksi Alergi – Penyakit ini merupakan penyakit ringan yang sering terjadi pada tubuh manusia. Namun, adanya penyakit ini juga sangat mengganggu tubuh yang menimbulkan beberapa reaksi.

Sebelum itu, Anda harus mengetahui apa sebenarnya penyakit “Alergi” itu? Bicara mengenai penyakit ini, “Alergi” adalah sebuah reaksi sistem kekebalan tubuh manusia terhadap benda/makanan tertentu yang dapat menimbulkan masalah pada tubuh manusia. Reaksi tersebut sering kali muncul dalam bentuk flu, pilek, gatal pada kulit, bahkan mengganggu sistem pernapasan.

Tahukah Anda? Benda yang dapat memicu alergi biasa dikenal sebagai “Alergen”. Namun, “Alergen” ini tidak juga memicu timbulnya alergi jika seseorang tidak alergi sama “Alergen” tersebut. Reaksi alergi yang muncul pada tiap orang juga berbeda-beda.

Namun, reaksi ini juga muncul berdasarkan jenis alergen nya. Adanya reaksi ini pun juga mengganggu tubuh manusia setiap harinya jika alergi dibiarkan terlalu lama tanpa konsultasi kepada dokter.

Reaksi ALergi

Pada umumnya, alergi ini tidak memandang usia tua/mudanya. Rata-rata manusia memiliki beberapa alergi terhadap satu benda atau yang lainnya. Karena alergi sendiri adalah reaksi abnormal atau kelebihan sistem kekebalan tubuh terhadap satu zat. Manifestasi alergi sendiri tidak harus selalu keluar di kulit atau saluran pernapasan. Dengan alergi ini manusia juga bisa mengalami mata bengkak,merah,gatal dan berair.

Perlu Anda ketahui ! Ketika seseorang memiliki paparan alergen terhadap tubuhnya, tubuhnya akan bereaksi memproduksi antibodi IgE untuk mengikat alergen. Karena adanya antibodi melekat pada sel darah yang disebut sel mas. Sel mas sendiri dapat ditemukan di saluran pernapasan, saluran pencernaan, dan lainnya. Sel mas juga akan melepaskan bermacam bahan kimia ke dalam darah. Nah, senyawa kimia utama yang diproduksi sel mas adalah histamin, yang menyebabkan sebagian besar gejala reaksi alergi.

       Gejala reaksi ini terbagi menjadi 3 tingkatan, yaitu :

  1. Gejala Ringan

Gejala ini hanya sedikit membuat/mengganggu kenyamanan tubuh seseorang. Misalnya, munculnya flu, bersin-bersin, dan beberapa penyakit gatal.

  • Gejala Sedang/Menengah

Gejala ini pasti memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari gejala di atas. Anda akan mengalami cukup lama flu,bersin-bersin, dan gatal-gatal pada tubuh.

  • Gejala Berat

Gejala ini sangat membebankan sekali pada diri Anda jika tidak sesegera mungkin diperiksa atau di tangani secara intensif dan benar. Bahkan dengan adanya gejala ini tidak bisa bangun dari tempat tidur karena beberapa kendala pada tubuh.

Reaksi paling berat/parah disebut dengan anafilaksis. Jika terjadi ini, alergen akan menyebabkan luruh tubuh bereaksi terhadap alergi yang dapat mecakup gatal, sesak, tubuh atau bagian tubuh bengkak dan infeksi karena sering tersentuh bakteri.

Anafilaksis sendiri sangat berbahaya bagi manusia, karena dapat mengancam jiwanya sendiri. Jika mendapatkan gejala yang berkembang semakin parah, segera pergi ke dokter spesialis alergi/instalasi gawat darurat di rumah sakit terdekat.

Munculnya “Reaksi Alergi” sendiri memang memiliki beberapa gejala yang dapat menimbulkan gangguan pada tubuh sendiri. Reaksi ini juga sangat berbahaya bagi tubuh manusia ketika kita sendiri tidak pernah menjaga/merawat tubuh kita sendiri. Jika reaksi yang ditimbulkan hanya sebagian kecil, maka tidak terlalu mengkhawatirkan. Namun, sekecil apapun reaksi dapat memicu yang lainnya.

Perawatan juga perlu dilakukan jika Anda memiliki beberapa alergi pada alergen. Karena jika reaksi ini terlalu lama dibiarkan akan bisa menyebabkan peningkatan penyakit yang anda derita dengan alergen. Dan bisa menyebabkan kematian jika penyakit itu sangat parah dan sulit ditangani oleh pihak berwajib.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *